Tuesday, January 8, 2019

4 Alasan Kenapa Tetap Haus Meski Sudah Minum Banyak

4 Alasan Kenapa Tetap Haus Meski Sudah Minum Banyak.- Segelas air putih sudah ditenggak habis tak tersisa tapi rasa haus masih ada. 

Pernah merasakan seperti itu? Jika iya, bisa jadi memang tubuh masih kurang cairan.

"Alasan utama seseorang merasa haus adalah karena dehidrasi, mereka tidak minum cukup banyak air," jelas Natasha Bhuyan seorang dokter di One Medical, Phoenix, Arizona.

Natasha menjelaskan bahwa pada beberapa orang membutuhkan lebih banyak air dibanding orang lain. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang rutin berolahraga atau tinggal di lingkungan kering. Selain itu, berikut empat alasan lain kamu masih merasa haus walau sudah cukup minum seperti dilansir Medical Daily, Jumat (18/1/2019).

1. Jenis Diet
Orang yang melakukan diet keto melaporkan beberapa efek samping yang salah satunya adalah rasa haus berlebih. Hal ini muncul karena jenis diet ini mengurangi asupan karbohidrat yang kaya kandungan air dibanding lemak dan protein

2. Masalah Tiroid
Efek dari tiroid yang aktif berlebihan dapat berbeda antara satu orang dengan orang lain. Salah satu gejala yang ditunjukkan oleh hal ini adalah gejala haus luar biasa yang dialami serta berbagai gejala lain seperti berat badan yang susut, tremor pada tangan, kelelahan, kecemasan, dan lain sebagainya.

3. Diabetes
Gejala haus ini terjadi baik pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Terjadinya rasa haus ini merupakan salah satu efek dari terjadinya diabetes namun tidak sepenuhnya identik.

"Saat dehidrasi, tubuh mencoba untuk mempertahankan cairan dalam tubuh. Namun ketika diabetes, kandungan gula keluar dan memaksa seseorang untuk buang air kecil lebih sering," ujar Peter Mayock, M.D., dari Eric Family Health Center di Chicago, Amerika Serikat.

4. Pengobatan yang Kamu Jalani
Banyak jenis pengobatan yang dapat baik secara langsung atau tidak berkontribusi pada rasa haus di tenggorokan. Obat darah tinggi, antidepresan, dan alergi dapat menimbulkan efek samping seperti sering buang air dan tenggorokan kering.

Itulah informasi yang kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment