Tuesday, October 30, 2018

Ketahui 10 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

Ketahui 10 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya.- Salah satu masalah rambut yang nggak selesai-selesai adalah ketombe. 

Ketombe terjadi karena adanya jamur melassezia yang terdapat di kulit kepala. Jamur ini memproduksi asam oleat yang dapat menyebabkan peradangan pada sel-sel kulit kepala. Akibatnya sel kulit kepala menjadi tidak sehat dan menyebabkan kering hingga mengelupas. Serpihan ini lah yang dikenal dengan ketombe.

Disadari atau nggak, hampir semua orang, terpaksa berhadapan dengan masalah ini. Rasa bete pun langsung memuncak ketika kita lagi pakai baju hitam pas hang out, lalu titik-titik putih alias ketombe tersebut mulai tampak di bagian bahu. Munculnya ketombe tentu bisa membuat penampilan nggak oke dan berpengaruh pada tingkat percaya diri.

Nah, jika pernah mengalami momen bad day tersebut, sudah saatnya kamu tahu cara menghilangkan ketombe nih. Merawat rambut agar semakin sehat dan indah bisa kamu lakukan sendiri dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah lidah buaya yang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kelembutan rambut, menghilangkan ketombe, mengatasi rambut rontok,

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk merawat kecantikan. Terutama bagi kesehatan dan keindahan rambut. Bagian yang sering dipakai adalah gelnya yang mengandung beragam nutrisi baik. Bahkan, lidah buaya ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/10/2018), ini cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya yang ampuh.

Selain menghilangkan ketombe, juga bisa melembabkan kulit kepala

     1. Menggunakan gel lidah buaya
Cara menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Sediakan lidah buaya berukuran sedang untuk rambut yang pendek dan lebih besar untuk rambut yang panjang dan lebat. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gel pada bagian dalamnya. Oleskan gel tersebut pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan, tunggu sekitar 45 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih tanpa menggunakan shampo. Perawatan dengan gel lidah buaya secara teratur merupakan cara menghilangkan ketombe yang cukup ampuh.

     2. Lidah buaya dan dadih susu
Selain mengaplikasikan langsung gelnya, cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya saja dadih susu dan minyak zaitun. Ketiga bahan tersebut akan melembabkan kulit kepala secara optimal dan menghindarkan dari penyebab ketombe seperti kulit kering. Selain itu, kandungan protein di dalam dadih akan menutrisi sel kulit kepala dan rambut

Bisa membunuh kuman dan jamur

     3. Lidah buaya dan minyak kayu putih
Langkah pertama cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya dan minyak kayu putih adalah, sediakan gel lidah buaya lalu campur gel tersebut dengan 1 sdm minyak kayu putih. Setelah tercampur rata, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Awalnya akan etrasa pedas dan perih. Biarkan kondisi tersebut karena minyak kayu putih sedang bekerja untuk membunuh kuman dan jamur. Tunggu sekitar satu jam sambil memijatnya sesekali, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.


     4. Lidah buaya dan Biji Klabet
Biji klabet adalah biji yang biasa digunakan dalam olahan masakan khas timur tengah seperti kari atau gulai. Biji ini dapat dengan mudah didapatkan di toko yang menjual aneka bahan masakan. Rendam terlebih biji klabet selama semalaman. Keesokan harinya tumbuk biji tersebut hingga halus biji klabet kemudian campurkan dengan gel lidah buaya. Aduk rata kedua bahan hingga menjadi pasta. Cara menghilangkan ketombe dengan cara ini adalah mengoleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat ringan. Tunggu sekitar satu jam saja kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Lemon dan yogurt bisa dijadikan sebagai masker kulit kepala

     5. Lidah Buaya dan Lemon
Perasan air lemon dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala. Caranya cukup mudah yakni dengan menyediakan perasan lemon sebanyak setengah cangkir ukuran kecil yang bisa didapat dari tiga buah lemon ukuran sedang. Campurkan perasan lemon dengan gel lidah buaya hingga berbentuk pasta. Jadikan campuran ini sebagai masker. Aplikasikan masker ini pada rambut dan kulit kepala, pijat perlahan dan diamkan selama satu jam. Setelah hampir mengering bilas dengan air hangat kemudian air dingin hingga bersih.

     6. Lidah Buaya dan yogurt
Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya dan yogurt. Yogurt ternyata juga bisa untuk menghilangkan ketombe. Caranya tinggal mencampur beberapa sendok makan yogurt dengan gel lidah buaya. Setelah membentuk masker aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala secara perlahan, dan tunggu hingga lebih kurang 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Pemakaian masker ini akan mengurangi sekitar 85 % ketombe di rambut kamu.

Salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat

     7. Minyak pohon teh dan lidah buaya
Khasiat yang diperoleh dari minyak pohon teh adalah sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat jika dilakukan secara teratur. Minyak pohon teh bisa diperoleh di beberapa toko kosmetik kecantikan atau toko obat. Campurkan minyak pohon teh sebanyak 1 sdm dengan gel lidah buaya secukupnya. Oleskan perlahan pada kulit kepala serta rambutmu kemudian sambil dipijat. Tunggu hingga sekitar 1 jam kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih untuk mendapatkan rambut yang sehat bebas ketombe.

     8. Air garam dan lidah buaya
Garam dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat, termasuk di antaranya adalah mencegah ketombe pada rambut. Kamu dapat menggunakan air garam secara langsung yang terbuat dari satu gelas air yang dicampurkan dengan 2 sdm garam dapur untuk dipakai pada rambutmu sebelum keramas. Namun, ada juga cara menghilangkan ketombe lainnya yaitu dengan mencampurkan air garam sebanyak satu cangkir saja dengan gel lidah buaya. Campuran tersebut dapat digunakan sebelum keramas untuk menghilangkan ketombe dan mencegahnya kembali lagi.

Menjaga agar kulit kepala bebas dari iritasi

     9. Santan dan lidah buaya
Untuk mendapatkan rambut yang bebas ketombe dapat juga menggunakan santan. Manfaat dari bahan satu ini memang luar biasa untuk rambut. Selain mampu melembutkan, santan juga dipercaya bisa mengusir ketombe dan rasa gatal yang muncul di kulit kepalamu. Kandungan protein dan nutrisi di dalam santan kelapa akan mencukupi asupan yang diperlukan oleh sel kulit. Cara menghilangkan ketombe dengan bahan ini adalah, campurkan beberapa gel lidah buaya dengan 5 sdm santan dari kelapa yang belum dicampur air. Gunakan untuk masker pada rambut. Pijat dan tunggu hingga satu jam lamanya kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

     10. Lidah buaya, madu dan yogurt
Memadukan madu, yogurt dan gel lidah buaya juga bisa menjadi salah satu masker yang ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe. Masing-masing bahan tersebut ampuh dalam menutrisi, melembapkan sekaligus membasmi jamur atau pun kotoran penyebab ketombe. Bahkan, yogurt yang kaya akan protein juga mengandung zat anti-bakteri yang menjaga kulit kepala dan rambut tetap steril dan terhindar dari iritasi.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment