Saturday, October 13, 2018

Bahaya Sinar UV Untuk Kesehatan Mata

Bahaya Sinar UV Untuk Kesehatan Mata.- Mungkin selama ini anda mengetahui bahwa sinar UV hanya berbahaya untuk kulit, padahal berbahaya juga untuk mata.

Anda semua pasti sudah mengetahui apa itu sinar UV (sinar Ultraviolet), sinar UV ini bisa bermanfaat untuk tulang kita, mencegah kanker, membunuh bakteri di air minum, dan masih banyak lagi. Namun selain memiliki manfaat, sinar UV juga mengandung bahaya khusunya untuk mata.

Sinar UV dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu sinar UV-C, merupakan radiasi UV yang paling berbahaya sehingga tubuh harus benar-benar terlindungi, sinar UV-B atau yang biasa kita kenal sebagai sinar radiasi perusak kulit dan mata, serta terakhir adalah sinar UV-A.

UV-A dan UV-B harus dihindari karena mampu merusak jaringan mata. UV-A dapat merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yaitu bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata. Sedangkan UV-B dapat merusak bagian kornea dan lensa.

Walau tingkat radiasinya paling rendah, paparan UV-A dalam jangka panjang dapat mengakibatkan katarak. Penyakit lain yang ditimbulkan akibat sinar UV antara lain degenerasi makular, pterygium atau pertumbuhan pada lapisan luar (bagian putih mata) yang pada akhirnya menutupi bagian tengah kornea, dan corneal sunburn (photokeratitis) yang terjadi akibat paparan sinar UV-B berlebih.

Menggunakan sunglasses dengan 100% UV Protection merupakan alat penangkal radiasi yang paling ampuh. Sinar UV juga dapat dipantulkan dari berbagai sumber seperti air, pasir, cermin, serta permukaan cerah lainnya. Karenanya sangat penting juga untuk menggunakan sunglasses dengan desain yang mampu melindungi mata secara keseluruhan dari berbagai sudut seperti wrap-around dan oversized-sunglasses.

Cara Mencegah Kerusakan Mata Akibat Sinar UV

Sebagaimana selama ini disampaikan dalam berbagai media, Anda sebaiknya menghindari paparan langsung sinar matahari pada mata Anda, terutama sinar matahari terang antara pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore. Hindari pula tembakan cahaya atau tatapan langsung antara mata Anda dengan lampu. Gunakan kaca mata dengan tingkat filter tinggi untuk membantu meredakan efek sinar UV pada mata.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.



Baca Juga :

No comments:

Post a Comment