Tuesday, August 7, 2018

Tips Agar Tubuh Tetap Segar Saat Cuaca Panas

Tips Agar Tubuh Tetap Segar Saat Cuaca Panas.- Saat terjadi gelombang panas, tidak diragukan lagi suhu akan meningkat dan menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman. Kondis kesehatan juga terancam memburuk.

Berikut beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap segar saat cuaca panas. Dilansir dari laman Medicinenet, Senin (6/7/2018)

1. Gunakan kipas angin
Gunakan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara di seluruh rumah Anda. Membuka pintu rumah dan menggunakan kipas angin akan mendorong udara panas ke luar ruangan dan berfungsi sebagai sistem "pembuangan" dan menarik udara malam yang dingin ke dalam rumah.

2. Manfaatkan air
Isi ember atau baskom dan rendam kaki Anda. Handuk basah dapat memiliki efek pendinginan saat dikenakan di pundak atau kepala. Mandi air dingin dapat menyegarkan badan.

3. Menghilangkan sumber panas
Lampu pijar dapat menghasilkan panas, sehingga mematikannya dapat mengurangi suhu ruangan yang panas. Begitu pula peralatan elektronik seperti komputer atau televisi.

4. Minum banyak air
Anda harus mengonsumsi lebih banyak air daripada yang biasanya ketika cuaca panas. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari dehidrasi dan tubuh juga akan tetap seagar.

5. Menuju lantai bawah
Karena udara panas naik, lantai atas rumah juga akan lebih hangat daripada lantai dasar. Ruang yang di bawah bisa menjadi perlindungan Anda saat panas melanda di tengah hari.

6. Hindari minuman beralkohol dan kafein
Minuman beralkohol dan kafein bertindak sebagai diuretik yang dapat meningkatkan dehidrasi dalam tubuh.

7. Kurangi makanan berat
Kurangi konsumsi makanan berat. Terutama makanan kaya protein karena dapat meningkatkan metabolisme dan menghangatkan tubuh.

8. Datangi tempat ber-AC
Jika kondisi cuaca panas tidak tertahan cobalah datangi tempat yang dingin seperti pusat perbelanjaan dan bioskop yang menjadi tempat yang baik untuk menenangkan diri.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment